Thursday, June 20, 2013

Manfaat Kulit Manggis Agar Terbebas Dari Kanker

Manfaat kulit manggis ternyata sangat ampuh untuk membuat kita terbebas dari penyakit kanker. Dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa setiap kulit buah mengandung nutrisi yang hampir sama dengan isi buah tersebut. Begitu pula dengan kulit manggis, kulit ini memiliki nutrisi yang hampir sama dengan buah manggis. Ada banyak sekali manfaat manggis yang bisa kita ambil untuk kesehatan, tidak hanya buahnya saja yang bisa kita manfaatkan, namun mulai dari kulit, daging buah sampai bijinya bisa kita ambil khasiatnya. Oleh sebab itu mengapa buah ini disebut dengan ratunya buah atau queen of fruits.

Buah manggis memiliki kulit berwarna hijau sewaktu masih muda dan merah keungunan saat sudah matang. Buah yang memiliki nama latin Garcinia mangostana L ini banyak tumbuh subur di daerah tropis dengan suhu hangat dan stabil. Buah ini berasal dari kepulauan nusantara yang dapat tumbuh menjulang tinggi berkisar antara 7-25 meter. Sehingga tidak heran jika buah ini banyak terdapat di berbagai wilayah di Indonesia. Dan sangat mudah sekali untuk mendapatkan buah ini. Karena banyak dijual di toko buah atau supermarket terdekat.

Manfaat Kulit Manggis


Manfaat Kulit Manggis


Mengapa kulit manggis sangat bermanfaat? Ternyata kulit manggis mengandung xanthone yaitu merupakan zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan xanthone dalam kulit dan buah manggis bersifat anti proliferasi dan apoptosis yaitu sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker.

Kulit Manggis mengandung Xamthone 

Tidak hanya buah manggis saja yang mengandung xanthones, namun kulit manggis juga mengandung komponen aktif tersebut. Xanthone merupakan sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan oleh para peneliti yang secara biologis aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids. Xanthone paling banyak ditemukan dalam buah manggis, 40 jenis dari 200 jenis xhantones alami yang ada sekarang ini ditemukan dalam buah ini.

Ada banyak sekali manfaat dan khasiat dari xanthone dan turunannya, diantaranya adalah anti-inflamasi, anti-alergi, antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, dan antifungi. Jadi tidak ada salahnya mulai sekarang kita mengkonsumsi jus kulit manggis agar mendapatkan manfaat dan khasiat yang lebih maksimal. Selain itu tubuh kita juga lebih sehat karena sistem kekebalan tubuh semakin kuat karena dapat menangkal berbagai macam penyakit. 

Namun jangan terlalu berlebihan atau terlalu banyak mengkonsumsi kulit manggis karena kulit manggis juga mengandung kadar resin, serat kasar, dan tanin yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sesungguhnya sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Tertarik untuk mendapatkan manfaat kulit manggis?